Tips Pilih Sepatu Anak

19/12/2016

Tips Pilih Sepatu Anak

Memilih sepatu untuk anak di usia 1-2 tahun tidak bisa dianggap remeh. Anda harus menentukan sepatu yang nyaman untuk kakinya ketika sedang belajar berjalan. Apa saja yang perlu Anda perhatikan? 

- Pilih ukuran yang pas dengan kaki anak. Ukuran yang terlalu besar akan membuat anak mudah jatuh dan tersandung sepatunya sendiri yang longgar. Sebaliknya jika terlalu kecil, akan membuat jari kaki anak tertekuk dan bisa mengganggu bentuk kakinya kelak. 

- Pilih sepatu yang mudah digunakan tapi tidak mudah lepas. Anak Anda juga perlu mulai belajar pakai sepatu sendiri secara bertahap. Jadi, perhitungkan pula proses belajar mandiri yang satu ini.

- Pilih sepatu yang ringan. Sepatu yang berat akan mengganggu postur dan pertumbuhan kaki anak.

- Pastikan sepatu yang Anda pilih cukup fleksibel untuk pertumbuhan kaki si kecil. Tekuklah sepatu pada ujung jari dan tumitnya untuk mengecek fleksibilitasnya. Jika sepatu bisa menekuk di tengah dengan luwes, berarti inilah pilihan yang tepat.

- Hindari memilih sepatu dengan tali karena berisiko membuat anak terjatuh.

- Hindari memilih sepatu dengan aksesori yang mudah lepas. Si kecil yang penuh rasa ingin tahu bisa terdorong untuk mengeksplorasi aksesori itu. Jika mudah lepas, kemungkinan masuk mulut 
dan tertelan si kecil juga ada.

- Pilih sepatu dengan sol yang tidak licin. Anak yang baru bisa berjalan tentu belum mempunyai kontrol tubuh yang sempurna sehingga sepatu yang tidak licin akan sangat membantu untuk